Penanaman Mangrove Semarang

Alhamdulillah.
seperti ini mangrove yang kita tanaman tahun2 lalu, karena gak sempet foto, saya ambil dari google.
kemarin tanggal 3 Mei 2015 saya bisa mengikuti penanaman mangrove dengan rombongan KIR SMA 11 Semarang beserta ekstrakurikuler lain, jumlah kami sekitar 50 orang.
terakhir ikut penanaman mangrove kayanya 3 tahun lalu.
Ikut dalam ekstrakurikuler KIR adalah salah satu hal luar biasa dalam hidup saya. Di sini saya bisa belajar banyak hal. KIR di SMA 11, di sini kami belajar mencintai alam, melakukan penelitian alam seperti hutan hujan tropis, pacet, sosiologi, buruh teh, go green, rumah hijau, jalan-jalan dan apalah-apalah.

kembali ke penanaman mangrove.
seperti biasa kami menanam mangrove di kawasan desa mangunharjo, mangkang semarang.
hal tak terlupakan kami alami dari berjalan di lumpur, menyebrang sungai, menanam magrove, dan silaturahim tentunya.Seharusnya sih saya enggak nekat bawa hape, tapi yah mau gimana lagi, jiwa dokumentasi keluar. hihi
dan pas di sana gak bisa foto kan ya. isinya air doang.

gak kebayang pas berjalan di lumpur, dadi ujung kaki sampai pinggang dipenuhi masker lumpur dengan bau khasnya, dan terik matahari. Sumpah pas ini yang ada dipiran cuma kapan ini kelar dan kapan berakhir. hahaha. panasnya minta ampun yang berakibat wajah saya gosong beberapa hari setelah penanaman.

saya di sana melihat tanaman mangrove yang kami tancapkan tunasnya bertahun-tahun lalu. seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa mangrove sangat membantu mencegah abrasi dan buanyak sekali manfaat lainnya.
Alhamdulillah dengan pengajuan proposal oleh adik2 KIR kepada dinas, kemarin ditanam 1750 bibit mangrove.


numpang narsis sedikit yah ..
setelah penanaman, enaknya mandi di sungai ala kerbau
sungguh hal yang luar biasa bisa ikut andil dalam menjaga bumi ini. Karena saya merasa miris dengan perubahan yang terjadi di bumi yang manusia membangun gedung2 pencakar langit, sampah di mana-mana, abrasi, banjir, dan masih banyak lagi.
sejak saat itu saya lebih memantapkan hati saya bahwa saya harus lebih bermanfaat bagi bumi ini, bagi orang lain. Bahwa saya tidak hidup untuk diri saya sendiri.
terimakasih kepada KIR SMA 11 terutama alm pak prabowo yang menurunkan budaya cinta Alam kepada kami, mas wahyu yang menjaga KIR, yulia yang mengajak saya dalam acara kemarin, guru-guru SMA 11 tercinta, dan para pejuang Alam lainnya.

salam lestari.

No comments:

Post a Comment